PENDIDIKAN KARAKTER

 oleh : Dra.Wiwin Suhastari,M.M

 

Pendidikan karakter bersumber dari :Agama,Pancasila,UUD-45

Ada 10 tanda-tanda kehancuran:

  1. Meningkatnya kekerasan di kalangan remaja
  2. Membudayakan ketidak jujuran
  3. Sikap fanatic terhadap kelompok/peer group
  4. Rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru
  5. Semakin kaburnya moral baik dan buruk
  6. Penggunaan bahasa yang memburuk
  7. Kurangnya kepedulian sesame
  8. Menurunnya etos kerja dan adanya rasa saling curiga
  9. Rendahnya rasa tanggungjawabsebagai individu dan sebagai warga Negara.

10.Meningkatnya perilaku menutup diri,seperti penggunaan

Narkoba,alkohol,dan seks bebas.

Tujuan Pendidikan Karakter :mengembangkan karakter bangsa agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur pancasila.

Fungsi Pendidikan Karakter :

  1. Mengembangkan potensi dasar ,agar berhati baik ,berpikiran baikdan berperilaku baik.
  2. Memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur (memperkuat perilaku yang sudah baik )
  3. Meningkatkan peradapan bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia (penyaring budaya yang kurang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila)

Ruang lingkup Pendidikan Karakter

  1. Olah pikir (cerdas,kritis,kreatif,inovasi,ingin tahu,produktif,berorientasi pada iptek dan reflektif)
  2. Olah Hati (iman,taqwa,jujur,amanah,adil,bertanggung jawab)
  3. Olah Raga(bersih,sehat,disiplin,sportif,tangguh,handal,berdaya tahan,bersahabat,kooperatif,determinative,kompetitif, ceria,
  4. Olah Rasa/Karsa(ramah,saling menghargai,toleran,peduli,peduli,suka menolong

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER :

1.Religius                                                                  10.Semangat Kebangsaan

2.Jujur                                                                       11. Cinta Tanah Air

3.Toleransi                                                               12.Menghargai Prestasi

4.Disiplin                                                                   13.Bersahabat/Komunikatif

5.Kerja Keras                                                           14.Cinta Damai

6.Kreatif                                                                    15.Gemar membaca

7.Mandir                                                                  16.Peduli Lingkungan

8.Demokratis                                                          17.Peduli Sosial

9.Rasa ingin Tahu                                                   18.Tanggungjawab

IMPLEMENTASI PENDEKAR DALAM KTSP

1.Integrasi dalam setiap mata pelajran

2.Mata pelajaran dalam mulok

3.Kegiatan pengembangan diri

 

CONTOH RPP BERKARAKTER

NILAI KARAKTER:

 BT: BELUM TERLIHAT

MT: MULAI TERLIHAT

MB: MULAI BERKEMBANG

MK: MEMBUDAYA

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s